PDF Print E-mail
Written by Firmansyah
Monday, 23 November 2009
Kota Agung – Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, S.T., hari ini Senin (23/11) menyampaikan sebelas program unggulan Pemerintah Kabupaten Tanggamus tahun 2010. Program Unggulan tersebut disampaikan pada Rapat Paripurna DPRD dalam rangka Penyampaian Rancangan Nota Kesepakatan Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2010 di Aula Rapat Utama DPRD Kabupaten Tanggamus …

Tujuan dari paripurna ini adalah agar ada kesepakatan antara pihak eksekutif dan legeslatif terhadap Kebijakan Umum dan Prioritas serta Plafon Anggaran Sementara yang diajukan oleh eksekutif.

Bupati mengatakan bahwa Rancangan KUA dan PPAS ini, dalam penyusunannya telah disesuaikan dengan ketentuan yang ada. Diantaranya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2006 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 59 Tahun 2007 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah.

Selanjutnya Kebijakan Umum APBD merupakan pedoman dalam rangka penyusunan rancangan APBD. Kebijakan Umum APBD disusunbberdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2010, juga dengan menggunakan beberapa asumsi perkembangan ekonomi makro dan mikro serta perubahan pokok-pokok kebijakan fiskal yang ditetapkan oleh pemerintah.

Selanjutnya Adapun Program unggulan Pemerintah Kabupaten Tanggamus tahun 2010 Pertama Pada Bidang Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga Kebijakan pembangunan dibidang ini diarahkan pada peningkatan kualitas, pemerataan, perluasan pendidikan dan keterampilan sumber daya manusia serta kualitas hidup tenaga pendidik terutama untuk daerah-daerah terpencil, juga peningkatan peran serta pemuda dalam pembangunan sebagai generasi penerus bangsa serta memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.

Pemerintah Kabupaten Tanggamus telah menargetkan akan menuntaskan pembangunan sarana prasarana pendidikan, menuntaskan program wajib belajar 9 tahun pada tahun 2010 serta pembangunan sarana prasarana olahraga seperti stadion untuk meningkatkan prestasi para atlet baik ditingkat nasional maupun internasional.

Kedua pada Bidang Kesehatan Prioritas pembangunan dilaksanakan melalui kegiatan Peningkatan sarana dan prasarana kesehatan seperti rehabilitasi total puskesmas pembantu, pengadaan peralatan medis untuk mendukung RSUD Kota Agung menjadi Rumah Sakit Type C, pengadaan obat-obatan, mengoptimalkan Puskesmas Keliling (Pusling) dan Poskesdes serta pelaksanaan program berobat gratis disetiap Puskesmas.

Adapun program yang diusulkan untuk Tahun Anggaran 2010 adalah Program Upaya Kesehatan Masyarakat dan Program Obat dan Perbekalan Kesehatan. Pada Bidang Kesehatan ini, Prioritas pembangunan daerah yang diusulkan untuk dibiayai APBN/APBD Propinsi dan Kabupaten Tanggamus untuk RSUD Kota Agung adalah : Pelayanan Administrasi Perkantoran, dan Pengadaan dan Peningkatan Sarana Prasarana RSUD Kota Agung

Program ini meliputi kegiatan Pembangunan Rumah Sakit, Rehabilitasi Bangunan Rumah Sakit, serta Peningkatan mutu / kualitas pelayanan kesehatan dan Pembangunan UTDRS.

Ketiga pada Bidang Pekerjaan Umum Program unggulan dibidang Pekerjaan Umum adalah Peningkatan status jalan negara Sedayu – Pugung, Peningkatan kondisi jalan diwilayah kecamatan Cukuh Balak, Kelumbayan, Kelumbayan Barat, Ulu Belu dan Pematang Sawa. Peningkatan kualitas perumahan permukiman termasuk penyediaan air bersih, dan Peningkatan pelayanan daerah irigasi.

Keempat pada Bidang Perhubungan Adapun Prioritas pembangunan dilaksanakan melalui program/kegiatan antara lain Pembangunan Dermaga Batu Balai, Pembangunan Terminal Type B di Kota Agung, dan Pembangunan Dermaga Pulau Tabuan.

Kelima pada Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Tanggamus sudah memiliki hampir semua persyaratan untuk menjadi daerah tujuan wisata. Untuk mendukung hal tersebut Pemerintah Kabupaten Tanggamus terus melakukan upaya-upaya untuk mengembangkan segenap potensi pariwisata yang ada seperti Pembangunan objek wisata Way Lalaan dan Way Gelang, Pengembangan objek wisata Teluk Kiluan, dan Pelaksanaan Festival Teluk Semaka.

Keenam pada Bidang Sosial, Program unggulan yang dikelola oleh Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi antara lain Pelayanan Administrasi Perkantoran Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Perdesaan Peningkatan Kualitas dan Produktivitas Tenaga Kerja, dan Penyusunan Indikator Pembangunan.

Sedangkan program unggulan yang dikelola oleh Kantor Pemberdayaan Masyarakat antara lain Pelayanan Administrasi Perkantoran Pemberdayaan Kelembagaan Kesejahteraan Sosial, dan Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Pedesaan

Ketujuh pada Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura; Adapun program yang direncanakan akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2010 adalah Pada Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura ; Program Peningkatan Ketahanan Pangan Peningkatan Pemasaran Hasil Produksi Pertanian, dan Pengembangan Agribisnis dan Peningkatan Kesejahteraan Petani. Pada Bidang Ketahanan Pangan ; Program Peningkatan Ketahanan Pangan, dan Program Peningkatan Kesejahteraan Petani. Pada Bidang Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, yaitu Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Gedung Pertemuan Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan.

Kedelapan, pada Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan; Pemerintah Kabupaten Tanggamus saat ini terus berupaya meluncurkan berbagai program pembangunan dibidang peternakan dan kesehatan hewan, yang langsung menyentuh masyarakat dengan melaksanakan berbagai program pengembangan agribisnis berbasis usaha peternakan. Diantaranya adalah; pengembangan ternak kambing boerawa.

Kesembilan pada Bidang Kehutanan Dan Perkebunan; Sejalan dengan hal tersebut beberapa prioritas pembangunan daerah yang direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2010 yaitu Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan. Program Peningkatan Produksi Pertanian/ Perkebunan, dan Program Penerapan Teknologi Pertanian/ Perkebunan.

Kesepuluh pada Bidang Pertambangan, Adapun prioritas pembangunan dibidang Pertambangan dan Energi yang ditempuh adalah Pemanfaatan dan Pengelolaan Sumberdaya Pertambangan Pembangunan Jaringan Listrik Pedesaan dan Listrik Mikro Hidro, serta Pengawasan dan Penertiban Kegiatan Pertambangan Rakyat yang Berpotensi Merusak Lingkungan.

Sedangkan program unggulan yang dikelola oleh Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kebersihan antara lain Pelayanan Administrasi Perkantoran, Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur, Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Aparatur, Pembinaan dan Pengawasan Bidang Pertambangan, Pengendalian Pencemaran dan Perusakan Lingkungan, Peningkatan Kualitas dan Akses informasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Pembinaan dan Pengawasan dibidang Pertambangan, Peningkatan Kualitas SDM dan Penyediaan Sarana dan Prasarana Lingkungan Hidup

Dan yang kesebelas Bidang Kelautan Dan Perikanan;Untuk itu beberapa program prioritas pada bidang ini adalah Pengadaan Sarana Alat Tangkap. Pembangunan dan Rehabilitasi TPI di Wilayah Pesisir Kabupaten Tanggamus. Program Pengembangan Sentra Budidaya Ikan, dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Pesisir (PEMP).

Diakhir penyampaian program unggulan tersebut Bambang pun berharap agar pihak legeslatif dapat mendukung penuh program yang diajukan oleh pihak eksekutif, demi peningkatan dan kemajuan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanggamus.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s