BANDARLAMPUNG – Festival durian Kecamatan Tanjungkarang Barat (TkB) dipercepat. Sedianya festival ini dilaksanakan pada Februari 2010. Namun karena buah durian yang ditanam para pekebun mulai berjatuhan dan siap dipanen, festival ini akan dilaksanakan pada 26 – 27 Desember 2009. Hal tersebut diungkapkan Camat TkB, Nursyamsu Gani. “Memang kami rencanakan di tahun depan, karena kami ingin fokus untuk penyelenggaraan MTQ tingkat kota terlebih dahulu. Namun kondsi yang ada tidak memungkinkan bila digelar tahun depan. Nanti duriannya sudah tidak ada, jadi apa yang mau difestivalkan,” paparnya. Selain itu, anak-anak sekolah pun tengah ada di musim liburan, jadi diharapkan mereka dapat mengikuti festival ini.
Ia menjelaskan berbagai kegiatan telah direncanakan untuk pelaksanaan kegiatan ini. Seperti bazar durian, aneka olahan durian, hingga kontes durian unggul dan lomba makan durian. Batang durian yang terpilih menjadi durian paling enak, akan digunakan untuk pembibitan. Nantinya akan diokulasi dengan durian batang biasa. Perlombaan yang digelar tersebut memperebutkan piala Camat TkB, sertifikat dan uang tunai.
Pelaksanaan festival ini ditujukan untuk mengembalikan kejayaan Kelurahan Sukadanaham sebagai sentra durian. Rencana pelaksanaan festival ini sendiri telah ada sejak satu tahun lalu, namun karena kesibukan rencana tersebut belum terealisasi. Untuk lokasi festival ini dipusatkan di Taman Wisata Lembah Hijau.
Festival ini, kata dia, merupakan yang pertama kalinya. Seluruh petani durian yang ada di bandarlampung diharapkan ikut berpartisipasi dalam acara ini. Penyelenggaraan festival ini didorong oleh rasa keprihatinan tehadap mulai memudarnya kecintaan warga Bandarlampung terhadap durian hal kotanya sendiri.
Kemudian untuk meningkatkan produktivitas pohon durian, kini kecamatan TkB tengah melakukan peremajaan. Untuk bibit, kecamatan dengan enam kelurahan ini meminta bantuan dari Dinas Pertanian, Peternakan, dan Kehutanan (Distanakhut) Kota Bandarlampung.
Selain untuk mengembalikan kejayaan Sukadanaham sebagai sentra durian, diharapkan dengan festival ini dapat menggiring para pedagang durian untuk berjualan di sekitar Sukadanaham. Lahan yang akan digunakan untuk membuat saung-saung untuk berjualan berbagai makanan berbahan durian pun telah disediakan. (rnn/surya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s