Tanggamus Dapat Dana PNPM Rp24,75 M

KOTAAGUNG (LampostOnline): Kabupaten Tanggamus diperkirakan akan mendapatkan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) tahun 2010 sebesar Rp24,75 miliar.

Dana tersebut akan dikucurkan untuk sembilan kecamatan se-Kabupaten Tanggamus.

Dana tersebut berasal dari PNPM Pusat sebesar Rp19,8 miliar dan cost sharing dari Kabupaten Tanggamus Rp4,95 miliar. Dana Rp24,75 miliar tersebut, nantinya akan diperuntukkan bagi 138 pekon di sembilan kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di Tanggamus.

Hal itu terungkap dalam kegiatan Semiloka DPRD Tanggamus dan Pengelola PNPM-MP, terkait Kebijakan Pemberdayaan Masyarakat melalui PNPM Mandiri Perdesaan, yang diselenggarakan Dinas PMD Tanggamus di Hotel VIP Gisting, Jumat (13-11).

Sementara itu, diperkirakan penerima dana PNMP-MP, antara lain Kecamatan Pugung Rp3 miliar dengan 26 pekon sasaran; Kecamatan Talangpadang Rp2,25 miliar dengan 19 pekon sasaran; Kecamatan Pulau Panggung Rp2,25 miliar dengan 18 pekon sasaran. Selain itu, Kecamatan Wonosobo Rp3 miliar dengan 23 pekon sasaran; Kecamatan Bulok Rp3 miliar dengan 10 pekon sasaran.

Selanjutnya, Kecamatan Air Naningan Rp2,25 miliar (9); Kecamatan Bandar Negeri Semoung Rp3 miliar (9); Kecamatan Cukuh Balak Rp3 miliar (18); dan

M. Syarif Huzain, dari PMD Kabupaten Tanggamus mengungkapkan tujuan utama dari program ini adalah kesejahteraan dan memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat. Terutama, masyarakat miskin yang jumlahnya masih cukup banyak di Kabupaten Tanggamus, yaitu mencapai 58.881 rumah tangga miskin dari total penduduk Tanggamus 513.070 jiwa. Jumlah itu tersebar di 274 pekon dan tiga kelurahan.

Sementara itu, Al Hajar Syahyan, ketua DPRD Tanggamus berharap agar pengelolaan PNPM ke depan lebih baik. Pasalnya, terdapat sejumlah daerah yang layak mendapatkan dana ini, karena ketertinggalnya. Tapi, karena pendataanya kurang tepat, hingga kini belum tersentuh. “Untuk itu, dalam penentuan pekon yang akan mendapatkan dana ini, harapan kami ada koordinasi antara PMD dan DPRD Tanggamus,” kata dia.CK-9/L-1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s