Ribuan warga serbu sejumlah objek wisata pantai di Kabupaten Tanggamus. Mereka merayakan malam pergantian tahun dan libur Tahun Baru 2009.

Sejak Rabu (31-12) sore, ribuan warga Tanggamus dan sekitarnya mulai memadati kawasan pantai, seperti Pantai Terbaya, Pantai Way Gelang, Pantai Kotaagung, Pantai Sawmil, Pantai Batu Balai (Pihabung), dan Pantai Limau serta Pantai Cukuh Balak.

Arus manusia mengendarai mobil dan sepeda motor mulai terjadi sekitar pukul 19.00, seakan-akan tanpa henti dan tanpa terputus memadati jalur jalan menuju kawasan pantai tersebut.

Pengunjung baik anak-anak, muda-mudi, maupun dewasa, dengan mengendarai sepeda motor, mobil pribadi, bus, minibus, dan truk bersukacita di pantai.

Padatnya pengunjung dengan berbagai jenis kendaraan menyebabkan jalan menuju lokasi pantai macet. Kendaraan berjalan perlahan. Puluhan petugas dikerahkan mengatur arus lalu lintas menuju lokasi pantai itu.

Sekitar pukul 22.00, kawasan wisata pantai tersebut dipadati manusia. Seperti tahun-tahun sebelumnya, objek wisata pantai di daerah itu tetap menjadi sasaran warga setempat untuk menyambut tahun baru. Hiburan pun digelar di Kotaagung untuk menyemarakkan malam pergantian tahun 2008 ke 2009 itu.

Pukul 00.00, keheningan malam pun dihentakkan bunyi terompet, klakson sepeda motor dan mobil. Sementara itu, di angkasa ratusan bunga api dari menghiasi malam di Kotaagung yang tidak turun hujan.

“Merayakan pergantian tahun di pantai sesuatu yang memilki nilai tersendiri, kami bisa bercengkerama dengan kerabat dn keluarga, juga bisa mengagumi kebesaran Tuhan dan merenungi betapa kecilnya kami di hadapan Tuhan,” kata Andi, salah seorang pengunjung pantai Kotaagung.

Macet

Sementara itu, arus manusia dan kendaraan menyemut memadati Pantai Batu Balai (Pihabung) di Kecamatan Kotaagung Timur, Kabupaten Tanggamus, kemarin. Arus manusia mengendaraai kendaraan bermotor menyemut mulai persimpangan Taman Makam Pahlawan (TMP) Kotaagung sampai Pantai Batu Balai yang jaraknya sekitar 7 kilometer.

Kemacetan pun terjadi terlebih pada pukul 15.00 di dua titik di sekitar Dusun Pihabung dan sekitar jembatan Way Lalaan, Pekon Sukabanjar hingga jalur dua.

Kemacetan itu membuat Polres Tanggamus menerjunkan puluhan anggota Dalmas dan Satlantas untuk mengatur arus lalu lintas dan mengantisipasi dengan memberi pembatas jalur agar arus yang menuju Batu Balai atau yang akan kembali dari objek wisata itu tidak menimbulkan kemacetan.

Meskipun dipadati kendaraan bermotor, berkat antisipasi petugas keamanan, arus lalu lintas ke Batu Balai tetap lancar meski harus melaju perlahan-lahan.

Upaya lain yang dilakukan polisi dengan melarang kendaraan bermotor parkir di sisi jalan menuju pantai atau di lokasi yang menjadi tempat konsentrasi pengunjung untuk menikmati liburan tahun baru.

Sementara itu, para pengunjung pantai juga merasa nyaman dan aman merayakan liburan karena sejumlah petugas Dalmas Polres Tanggamus selalu berpatroli jalan kaki menyusuri bibir pantai untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Terima kasih kepada pak polisi yang telah memberi rasa aman kepada kami yang sedang menikmati liburan,” kata Susi, salah seorang pengunjung Pantai Batu Balai.n UTI/D-1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s